Penjabat Wali Kota Sukabumi Ungkap Hasil dan Prioritas Pembangunan Tahun 2023-2024

Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menjadi narasumber dalam acara Talkshow Podcast Sukabumi Update, terkait prioritas pembangunan. Rabu, 10 Januari 2024 di Kantor Sukabumi Update.



Dalam podcast tersebut dijelaskan hasil Pembangunan Daerah Tahun 2023. Seperti halnya Capaian pembangunan daerah tahun 2023 pada umumnya dalam kondisi sangat memuaskan, dimana capaian indikator kinerja outcome nya sebesar 98,464 dan capaian kinerja keuangan sebesar 97,144.

" Pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2023 diantaranya adalah, Pengurangan kawasan kumuh seluas 78,43 Ha. Pembangunan pedestrian di Pusat perkotaan, Jl. Siliwangi, Jl. Veteran, Jl. Sudirman, Jl. AR Hakim dan Jl. Bhayangkara. Bertambahnya kelurahan yang keluar dari status kawasan kumuh sebanyak 2 kelurahan (gunung parang dan citamiang)," ujar Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

Lanjut Kusmana Optimalisasi kawasan cipelang herang, Peningkatan layanan air minum PDAM bagi MBR sebanyak 500 Sambungan Rumah, Pembangunan 145 unit rumah tidak layak huni plus tangki septic, Rehabilitasi dan pemeliharaan jalan, " Pengadaan Dump Truck untuk mengangkut sampah. Sukabumi Go Digital, pelatihan untuk 1.650 toko online dan 3.300 tenaga kerja baru," terangnya.

Sementara itu Yang masih kurang, menurut Kusmana Peningkatan dan rehabilitasi drainase jalan kota dan lingkungan serta normalisasi sungai, Perluasan pembangunan pedestrian dan ruang terbuka hijau dan optimalisasi ruang terbuka publik yang ada, Peningkatan mitigasi bencana daerah.

" Peningkatan pengelolaan persampahan, Peningkatan sistem transportasi publik dan penyediaan ruang parkir," paparnya.

Kata kang tutus, sapaan Penjabat Wali Kota Sukabumi prioritas pembangunan tahun 2024 mengusung tema “Meningkatkan kondusifitas kota untuk keberlangsungan pembangunan". Tema ini diambil karena tahun 2024 merupakan tahun politik dimana pemilu dan pilkada serentak dilaksanakan.

" Situasi politik yang cenderung meningkat perlu diantisipasi dengan tetap menjaga dan meningkatkan stabilitas ekonomi, sosial, dan politik agar keberlangsungan pembangunan tetap terjaga," jelasnya.

Prioritas pembangunan tahun 2024 ini diantaranya Pemeliharaan fasilitas pelayanan publik seperti lapang merdeka dan alun-alun. Pembangunan/Rehabilitasi Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni), Rehabilitasi dan pemeliharaan jalan, Penuntasan kawasan kumuh, Peningkatan akses sanitasi dan air minum layak, Lanjutan optimalisasi kawasan cipelang herang.

" Peningkatan layanan penerangan jalan khususnya di kawasan-kawasan pedestrian dan ruang terbuka yang dibangun, Inisiasi pembangunan sistem Refused Derived Fuel (RDF) sampah," paparnya.

Ditambahkan Kang Tutus, terkait persiapan pemilu di Kota Sukabumi. Pelaksanaan pemilu di koordinasikan oleh KPU dan Bawaslu, pemerintah daerah melakukan supporting dari berbagai kebutuhan yang diperlukan. Dan diharapkan masyarakat dapat menjaga ketentraman dan keamanan, Menghargai perbedaan pendapat dan pilihan dan Silahkan memilih sesuai hati nurani dan tanpa ada paksaan.

" Sementara itu saya berpesan untuk warga Kota Sukabumi terkait pembangunan daerah dan pemilu. Masyarakat Ikut mendukung proses pembangunan yang dilakukan pemerintah kota sukabumi, Menjaga dan memelihara fasilitas pelayanan publik yang sudah ada, Partisipasi aktif dalam pembangunan seperti memberikan masukan dalam proses perencanaan yaitu musrenban," pungkasnya.


Pewarta         : Ovie
Dokumentasi : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.