Penjabat Wali Kota Sukabumi Dorong Komisioner KPU Kota Sukabumi Periode 2023-2028 Sukseskan Pemilu 2024

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, mendorong Komisioner KPU Kota Sukabumi Periode 2023-2028 untuk melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan pemilu yang telah ditorehkan oleh komisioner sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Kusmana Hartadji saat memberikan sambutan dalam acara pisah sambut Komisioner KPU Kota Sukabumi Periode 2018-2023 dan Komisioner KPU Kota Sukabumi Periode 2023-2028 di Hotel Santika, Kota Sukabumi, pada Kamis, 11 Januari 2024.

"Saya dorong Komisioner KPU yang baru melanjutkan Komisioner sebelumnya. Saya harapkan Pemilu 2024 berjalan sukses dan lancar. Sekretariat KPU dengan stakeholders lainnya akan mendukung sepenuhnya seluruh tahapan Pemilu 2024," kata Kusmana Hartadji.

Kusmana Hartadji juga berharap agar penyelenggaraan pemilu yang akan diselenggarakan 33 hari lagi terlaksana dengan baik. Meskipun merupakan tugas berat, namun dengan persiapan yang matang, seluruh tahapan Pemilu dapat terselenggara sesuai aturan perundang-undangan.

"Persiapan Pemilu telah dilakukan sedemikian rupa. Tadi juga sebelum acara pisah sambut telah dilakukan konsolidasi dengan seluruh PPK se-Kota Sukabumi," lanjutnya.

Kusmana Hartadji memaparkan, komisioner KPU Periode 2023-2028 akan mampu melaksanakan tugas melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Semua ini dipandang sebagai proses pembelajaran. Apalagi, KPU ini merupakan lembaga independen yang memiliki ciri khas, kolektif kolegial.

"Komisioner yang baru dapat terus belajar. Sebab, jika dilihat komposisinya, komisioner baru ini ada yang berasal dari komisioner lama, satu orang, ada yang dari panwas, dan penyelenggara kecamatan serta kelurahan. Sebetulnya, sudah memiliki pengalaman, jadi sudah tidak susah lagi, tinggal dapat menyesuaikan dan adaptif dan bisa menjaga kekompakan," terang Kusmana Hartadji.

Mengenai anggaran untuk Pilkada, Penjabat Wali Kota Sukabumi menuturkan, pemerintah telah menyalurkan sebesar 40% dari total anggaran yang diusulkan pada tahun 2023 dan 60% di tahun berjalan.

"Anggaran sudah dipersiapkan lebih awal atas persetujuan DPRD Kota Sukabumi. Jadi sudah dikeluarkan sebesar 40% di tahun 2023 dan nanti sudah harus dicairkan yang 60%-nya di tahun 2024 ini," pungkasnya.

Di acara yang sama, Komisioner KPU Kota Sukabumi periode 2018-2023, Sri Utami dan Ratna Istianah, menyampaikan kesan dan pesannya. Mereka yakin, komisioner baru akan mampu bekerja maksimal dan diharapkan menorehkan prestasi.

"Di sini perlu saya sampaikan, KPU Kota Sukabumi periode 2018-2023 telah menorehkan beberapa prestasi di tingkat nasional dan provinsi Jawa Barat. Dan saya yakin, komisioner baru akan melanjutkan apa yang telah kami raih," kata Sri Utami.

Hal senada disampaikan oleh Ratna Istianah ,ia percaya, melalui kolaborasi dan kekompakan penyelenggaraan Pemilu 2024 akan berjalan sesuai dengan harapan. Komisioner KPU 2018-2024 juga akan senantiasa memberikan sumbangsih terbaiknya jika diperlukan.

Ketua KPU Kota Sukabumi periode 2023-2028, Imam Sutrisno, menyambut secara antusias terhadap penyampaian kesan dan pesan tersebut. Dirinya bersama anggota KPU Kota Sukabumi akan berusaha mewujudkan Pemilu yang menjunjung asas-asas kepemiluan.

"Kami akan terus berusaha mengikuti berbagai prestasi yang telah diraih oleh komisioner 2018-2023. Terutama dengan dukungan konkret dari seluruh stakeholders. Saya mewakili anggota lainnya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada KPU periode 2018-2023," terangnya.

Imam mengingatkan, penyelenggaraan Pemilu 2024 setidaknya memiliki tiga dimensi; politik, hukum, dan sosiologis. Hal terpenting dalam Pemilu 2024 adalah sesuai dengan tagline atau jenama Pemilu yaitu menjaga integritas bangsa.

"Oleh karena itu, Pemilu yang memiliki tiga dimensi ini tidak mungkin hanya dihadapi oleh KPU sebagai lembaga negara. Saya kira tugas kenegaraan yang penting ini memerlukan sinergitas dan kerja sama dari berbagai pihak," pungkasnya.


Pewarta         : Kang Warsa
Dokumentasi : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.