Percepatan Digitalisasi Pajak dan Retribusi Daerah, Sekda Kota Sukabumi Hadiri Sosialisasi Evaluasi Kinerja TP2DD



Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, menghadiri Sosialisasi Evaluasi Kinerja (Championship) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Tahun 2024 untuk Wilayah Jawa di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat pada hari Senin, 26 Februari 2024.

Dalam acara ini menghadirkan Jefri D Putra, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, sebagai keynote speaker dan diikuti oleh para Kepala BPKPD se-Jawa dan Tim Percepatan Kota/Kabupaten.

Sekda Kota Sukabumi, H. Dida Sembada, menyatakan bahwa fokus TP2DD saat ini adalah penerapan digitalisasi dalam pengelolaan pajak dan retribusi daerah.

"Diharapkan ke depan semua pendapatan pajak dan retribusi di daerah bisa dilakukan dengan cara digitalisasi," tuturnya.

H. Dida Sembada menambahkan, digitalisasi ini memiliki beberapa manfaat, antara lain:
  • Mencegah penyelewengan: Transaksi digital lebih transparan dan akuntabel, sehingga dapat meminimalisasi risiko penyelewengan.
  • Mempercepat pelayanan: Wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak dan retribusi dengan lebih mudah dan cepat melalui platform digital.
  • Meningkatkan pendapatan daerah: Digitalisasi dapat membantu meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan retribusi, sehingga berpotensi meningkatkan pendapatan daerah.

Sekda Kota Sukabumi merasa optimis dengan penerapan digitalisasi ini, pengelolaan keuangan daerah akan menjadi lebih transparan, akuntabel, dan efisien, serta dapat meningkatkan PAD Kota Sukabumi.

Sosialisasi Evaluasi Kinerja TP2DD ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong percepatan digitalisasi di daerah. Dengan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak, diharapkan digitalisasi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah.


Pewarta          : Kang Warsa
Dokumentasi : Dede Soleh Saepul 

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.