Ketua TP-PKK Sukabumi Dorong Siswa SDN Babakan Sirna Konsumsi Ikan: Murah dan Kaya Manfaat



Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Sukabumi, Diana Rahesti, menghadiri Penyuluhan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP) Kota Sukabumi di SDN Babakan Sirna, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, pada hari Rabu, 22 Mei 2024.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Kepala Bidang Perikanan beserta seluruh jajaran, Camat Warudoyong, Lurah Benteng, Kepala Puskesmas Benteng, Kepala SDN Babakan Sirna beserta seluruh tenaga pengajar dan staf, Ketua DWP DKP3, Pokja 3 TP PKK Kota Sukabumi, Ketua TP-PKK Kecamatan Warudoyong, Ketua TP-PKK Kelurahan Benteng

Acara ini dihadiri oleh 120 siswa SDN Babakan Sirna dan bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di kalangan anak-anak.

Dalam sambutannya, Gilang selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan menjelaskan bahwa konsumsi ikan masyarakat Sukabumi masih rendah.

kegiatan penyuluhan gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) ini adalah siswa SDN babakan sirna dari kelas 1 sampai kelas 5, sebanyak 120 orang. metode kegiatan yang dilakukan berupa pemaparan materi penyuluhan gemarikan yang akan disampaikan oleh PJ. Ketua Forikan kota sukabumi dan dari bidang perikanan dkp3 kota sukabumi. pada kegiatan kali ini, selain pemaparan materi juga diselingi dengan games, pembagian olahan ikan dan makan olahan ikan bersama.

kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat kota sukabumi dengan acara mengenalkan pentingnya mengkonsumsi ikan kepada anak terutama anak usia sekolah dasar. Ujar Gilang

Gilang berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat".Pungkasnya

Sementara itu, Diana Rahesti dalam arahannya menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber protein yang penting bagi kesehatan tubuh.

"Ikan mengandung berbagai macam gizi yang penting bagi tubuh, seperti protein, omega 3, yodium, dan zat besi," ungkap Diana.

Diana juga menjelaskan bahwa ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti:
  • Menurunkan risiko serangan jantung
  • Menjaga kesehatan mata, kulit, tulang dan sendi
  • Menjaga kesehatan mental
  • Mendukung kehamilan
  • Meningkatkan kemampuan otak

Diana mengajak siswa SDN Babakan Sirna untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 2-3 kali setiap minggunya.

"Mari kita jadikan ikan sebagai makanan sehari-hari. Ikan mudah diolah dan banyak pilihannya," ajak Diana.

Berikut beberapa fakta menarik tentang ikan:
  • Ikan kembung yang relatif murah justru memiliki kandungan omega 3 sebanyak 1,5 kali lebih tinggi dari ikan salmon yang lebih mahal. 
  • Konsumsi ikan pada anak usia 1-3 tahun: 100 gram/minggu
  • Konsumsi ikan pada anak usia 4-7 tahun: 200 gram/minggu
  • Konsumsi ikan pada anak usia 8-10 tahun: 300 gram/minggu
  • Konsumsi ikan pada anak usia 11 tahun ke atas: 400 gram/minggu

Dengan mengkonsumsi ikan secara teratur, diharapkan anak-anak di Kota Sukabumi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Pewarta          : Putri Zauhara  
Dokumentasi : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.