Peringatan Hari Buruh di Santa Sea Waterpark: Semangat Kerja Sama dan Kompetensi Buruh



Peringatan Hari Buruh Internasional Tahun 2024 di Kota Sukabumi diselenggarakan di Santa Sea Waterpark pada Rabu, 1 Mei 2024.

Acara ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Dida Sembada, unsur Forkompimda Kota Sukabumi, serikat buruh, dan pekerja dari berbagai perusahaan.

Dengan mengusung tema *"Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten"*, peringatan Hari Buruh tahun ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi para buruh di Kota Sukabumi.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi, Abdul Rachman, menyampaikan bahwa peringatan May Day ini dilatarbelakangi oleh tuntutan para buruh di Amerika Serikat untuk mendapatkan jaminan keamanan dan keselamatan kerja, jam kerja yang lebih pendek, dan penghasilan yang lebih tinggi.

"Tuntutan tersebut telah ditindaklanjuti, dan di Indonesia kita telah menginisiasi melalui BPJS Ketenagakerjaan," ujar Abdul Rachman.

Lebih lanjut, Abdul Rachman menyampaikan bahwa peringatan May Day tahun ini di Kota Sukabumi diselenggarakan dengan suasana kekeluargaan dan diikuti oleh sekitar 200 orang peserta.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada beberapa perusahaan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini," tambahnya.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pemberian santunan, donor darah, dan penyerahan Jaminan Kematian (JKM).

Dalam sambutannya, Kompol Tahir Muhidin dari Polres Sukabumi Kota menyampaikan rasa syukur atas suasana damai yang tercipta dalam peringatan May Day tahun ini.

"Peringatan May Day tahun ini di tempat wisata, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang sering diisi dengan kegiatan demonstrasi oleh buruh," ujarnya.

Kompol Tahir Muhidin juga mengingatkan para buruh tentang perjuangan para buruh di masa lampau yang harus terus dilanjutkan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para buruh dan serikat buruh yang telah menjalin kerja sama dan koordinasi demi terciptanya kondusifitas Kota Sukabumi," tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Buruh ini menjadi momentum untuk mewujudkan kondusifitas Kota Sukabumi.

"Pemerintah akan terus menjalin kerja sama dan berdialog dengan para buruh secara dinamis dan berkeadilan," ujarnya.

Kusmana Hartadji menekankan pentingnya hubungan industrial yang baik antara perusahaan dan buruh untuk meningkatkan perekonomian Kota Sukabumi, mendorong produktivitas kerja, dan meningkatkan pendapatan.

"Hubungan baik antara pemerintah dengan buruh akan terus dijalin untuk kesejahteraan para buruh," tambahnya.

Ia mendorong iklim ketenagakerjaan yang kondusif untuk mendukung investasi positif di Kota Sukabumi.

"Pemerintah juga terus mendorong iklim ketenagakerjaan untuk mendukung investasi positif," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi ini menyampaikan harapannya agar dialog sosial yang adaptif dan komunikatif dapat terus dilakukan untuk mendapatkan solusi yang tepat terhadap setiap permasalahan.

"Semoga dengan peringatan Hari Buruh ini dapat menjalin hubungan yang baik seluruh pihak. Tunaikan kewajiban perusahaan dan pekerja, untuk mewujudkan rasa puas dan bahagia. Niatkan semua kegiatan termasuk bekerja sebagai bentuk ibadah," pungkasnya.

Peringatan Hari Buruh di Kota Sukabumi diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para buruh, serta menjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan, buruh, dan pemerintah.

Pewarta          : Kang Warsa 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Buruh di Santa Sea Waterpark: Semangat Kerja Sama dan Kompetensi Buruh"