Pj. Wali Kota Sukabumi Luncurkan Program KURING di Cikundul untuk Cegah Stunting

Program Kuriling Cegah Stunting (KURING) diluncurkan di Pondok Pesantren Baiti Jannati, Cikundul pada hari Rabu, 26 Juni 2024. Program ini bertujuan untuk mencegah dan menanggulangi stunting di Kota Sukabumi.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji; Kepala Dinas Kesehatan; Bappeda; Pengasuh Pondok Pesantren Baiti Jannati; Camat Lembursitu; Kapolsek Lembursitu; Lurah Cikundul; dan peserta dari masyarakat.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji menyampaikan apresiasinya atas program KURING. Ia mengatakan bahwa program ini merupakan contoh kolaborasi yang baik antara berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting.

"Bentuk Collaborative Government dalam penanggulangan stunting menunjukkan adanya kepedulian dan kerjasama dari Pemerintah, Masyarakat, Sektor Swasta dan terbaru disini menghadirkan sektor pendidikan yang diwaliki oleh Pesantren," ujarnya.

Kusmana Hartadji juga berpesan kepada semua pihak untuk mendukung program KURING agar dapat mencapai tujuannya.

"Senantiasa menjaga dan menjadikan program ini sebagai usaha bersama yang harus didukung oleh semua pihak agar keberlangsungannya terus terjaga dan menghasilkan manfaat sesuai dengan tujuan yang ditentukan sejak awal," pesannya.

Pengembangan program KURING, ditambahkan oleh Kang Tutus, sebagai sebuah Satelit bagi munculnya inovasi-inovasi baru yang mendukung program utama.

Program Kuring sendiri difokuskan pada sasaran, yakni anak-anak yang membutuhkan perhatian secara khusus agar tidak terjadi stunting.

"Meningkatkan peran serta dan kepedulian keluarga anak dengan stunting, karena permasalahan stunting ini bukan tanggungjawab ibu dan anak saja tetapi juga anggota keluarga lainnya," tambahnya.

Kusmana Hartadji berharap program KURING dapat menjadi pelopor Zero Stunting di Kota Sukabumi dan menjadikan masyarakat Kota Sukabumi yang semakin bahagia lahir dan bathin.

Pengasuh Baiti Jannati, Ahmad Faid mengatakan bahwa pencegahan stunting dapat dianalogikan sebagai salah satu teladan dari Nabi Ibrahim, seorang nabi yang tidak pernah makan kecuali ditemani oleh orang-orang lapar.

Sementara itu, Camat Lembursitu, Yudi Sutriawan mengapresiasi launching KURING di wilayahnya sebagai inovasi baru dalam penanganan stunting.

Acara peluncuran program KURING ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti penampilan kreativitas santri (marawis) dan pemberian makanan tambahkan.

Pewarta          : Kang Warsa 
Dokumentasi  : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Pj. Wali Kota Sukabumi Luncurkan Program KURING di Cikundul untuk Cegah Stunting"