Forkompimda Kota Sukabumi Gelar Konsinyering Malam Takbiran, Pastikan Kondusifitas Iduladha

Dalam rangka memastikan kelancaran dan kondusifitas perayaan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Sukabumi menggelar konsinyering di Kecamatan Cikole dan Warudoyong pada Minggu (16 Juni 2024) malam.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, bersama unsur Forkompimda lainnya meninjau langsung kesiapan pelaksanaan salat Iduladha di Lapang Merdeka setelah konsinyering malam takbir.

Peninjauan ini meliputi aspek kebersihan Lapang Merdeka yang akan dijadikan lokasi salat Iduladha dan beberapa hal teknis lainnya.

"Kami melakukan pemantauan, termasuk unsur Forkopimda di malam Iduladha terkait dengan suasana pelaksanaan akan adanya penyembelihan hewan kurban yang akan disembelih di setiap kecamatan," ujar Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Kusmana Hartadji berharap agar perayaan Iduladha dapat berjalan dengan lancar dan
kondusif.

"Mudah-mudahan tidak ada hal yang tidak diinginkan, dengan kita keliling ke beberapa kecamatan bisa kondusif termasuk kelancaran pelaksanaan salat Iduladha besok," lanjutnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi juga menyampaikan informasi terkait distribusi hewan kurban dan rencana penyembelihan tingkat kota.

"Termasuk hewan kurban yang dildistribusikan oleh Pemkot melalui Masjid Agung dan telah dibagikan ke masing-masing kecamatan. Penyembelihan tingkat kota rencananya di Perhutani setelah salat Ied, saya bersama pak Sekda akan melakukan kunjungan ke sana setelah salat Ied," ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling di jalan dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Saya mengingatkan agar tidak takbiran di jalan, dan sampah-sampah agar dibersihkan. Untuk pembagian daging hewan kurban, bungkusnya kalau bisa jangan menggunakan kantong plastik, namun silakan menyesuaikan saja," imbaunya.

Lebih lanjut, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengingatkan agar warga tidak terpusat di Lapang Merdeka untuk melaksanakan salat Iduladha.

"Pelaksanaan salat Iduladha tingkat kota akan diselenggarakan di Lapang Merdeka. Dan disarankan di beberapa tempat. Warga tidak harus salat di Lapang Merdeka saja, di masing-masing tempat, seperti biasa," ungkapnya.

Terkait arah kiblat di Lapang Merdeka, Penjabat Wali Kota Sukabumi memastikan bahwa telah dilakukan pengukuran secara akurat.

"Untuk memastikan arah kiblat secara akurat, kita telah melakukan pengukuran di Lapang Merdeka. Agar pelaksaan salat berjalan sesuai aturan/syariat," tegasnya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan selama perayaan Iduladha. "Kerbersihan harus dijaga, kami sudah melakukan imbauan terkait hal ini," pungkasnya.

Pewarta          : Kang Warsa 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.