Wujudkan Pelaku Usaha Naik Kelas, Pemkot Gelar Pelatihan Vokasi Pengolahan Pangan

Dalam rangka mendukung program prioritas pembangunan berkelanjutan yang fokus pada sektor jasa dan perdagangan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Diskumindag menggelar Pelatihan Vokasi Pengolahan Pangan Angkatan II bagi Wirausaha Baru.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, di Hotel Balcony pada Rabu, 19 Juni 2024 ini diikuti oleh 50 peserta yang antusias ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang pengolahan pangan.

Dalam laporannya, Kepala Diskumindag, Agus Wawan Gunawan, menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu model pengembangan UMKM dan kewirausahaan masyarakat yang dilakukan melalui praktik langsung.

Tujuannya adalah untuk mendata pelaku usaha baru, meningkatkan SDM, dan menambah pengetahuan teoritis serta praktis bagi para wirausahawan baru.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dalam arahannya menyampaikan bahwa pelatihan ini sejalan dengan program prioritas pembangunan Kota Sukabumi yang fokus pada sektor jasa.

"Pemda terus berusaha mengembangkan potensi ekonomi melalui kegiatan peningkatan pelaku usaha, dan meningkatkan SDM generasi muda sebagai kunci sukses dalam kehidupan," ujar Kusmana Hartadji.

Lebih lanjut, Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha baru, mewujudkan pelaku usaha naik kelas, dan mampu bersaing di pasar domestik.

"Lakukan dari hal terkecil termasuk pemasaran di tingkat lokal dulu. Silakan implementasikan ilmu yang didapat dari pelatihan ini," pesannya.

Pj. Wali kota Sukabumi juga menyinggung masalah yang dihadapi oleh UMKM, yaitu akses pasar dan modal. Untuk itu, ia mendorong peserta untuk meningkatkan akses pasar melalui komunikasi dengan temu bisnis.

"Dalam praktik usaha, catat setiap transaksi agar terkontrol terutama dalam hal perputaran uang. Awali usaha dengan berpikiran positif, berani memulai, harus memiliki visi yang jelas, berorientasi kepada pelanggan, siap berkembang, dan rasional," pungkasnya.

Melalui pelatihan ini, para wirausaha baru di Kota Sukabumi didorong agar dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka, sehingga mampu bersaing di pasar dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah.

Pewarta          : Kang Warsa 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.