Tingkatkan Kesiapsiagaan, Pemkot Sukabumi Gelar Pemberdayaan di Satlinmas Kelurahan Sriwidari

Pemerintah Kota Sukabumi melalui Kelurahan Sriwidari menggelar pemberdayaan masyarakat peningkatan kapasitas satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), di Villa Cantik Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Rabu (19/6/2024).

Pemberdayaan yang diikuti oleh 70 orang anggota Linmas se Kelurahan Sriwidari ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. Hadir dalam momen itu Camat Gunungpuyuh, Danramil 0706-06 / Gunungpuyuh, Kapolsek Gunungpuyuh, Lurah Sriwidari serta Para Narasumber.

Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan anggota Satlinmas, untuk mewujudkan Pilkada yang aman, tertib, dan damai. Menjelang Pilkada ada beberapa Linmas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) antara lain, Bertanggung jawab terhadap keamanan Lokasi TPS, Petugas KPPS, Logistik Pemilu yang meliputi Kotak Suara, Kartu suara, dan berbagai macam alat peraga lainya.

" Selanjutnya memeriksa Pemilih yang akan masuk ke lokasi TPS yang meliputi, apakah sudah ada tanda tinta di jari tangan, apakah membawa atribut partai atau paslon, apakah sudah membawa KTP," terang Kusmana.

Selain itu, anggota Linmas juga diwajibkan menjaga ketertiban calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya dan setelah menggunakan hak pilihnya. Serta menjaga keamanan distribusi pengembalian Kotak suara ke PPK kecamatan.

" Petugas Keamanan TPS/Linmas dalam hal ketugasanya akan di tempatkan di pintu masuk TPS dan pintu keluar TPS, untuk itu setiap TPS ada petugas keamanan yang berjumlah 2 personel," jelasnya.

Dijelaskan Kusamana, Berdasarkan Permendagri No. 26 Tahun 2020, Linmas adalah segenap upaya dan kegiatan yang dilakukan untuk melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana ataupun gangguan lainnya. Upaya ini juga mencakup tugas untuk membantu pemeliharaan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta partisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

" Ingat Satlinmas bukanlah entitas militer, melainkan satuan tugas yang berasal dari anggota masyarakat setempat yang dibentuk oleh Lurah," tandasnya.

Pewarta          : Ovie 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.