Pentingnya Adminduk, Bimtek diharapkan Tingkatkan Kapasitas RT RW

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Data Penduduk dan Layanan Kependudukan yang diinisiasi oleh Kelurahan Sudajayahilir, pada Jumat (27/9/2024). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Ketua RT dan RW dalam mengelola data kependudukan secara lebih baik, akurat, dan efisien.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kelurahan Sudajayahilir ini dihadiri oleh Lurah Sudajaya Hilir, Ketua LPM, beserta jajaran kepengurusan, serta Ketua RW dan RT se-Kelurahan Sudajaya Hilir.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji menekankan pentingnya pengelolaan data kependudukan yang baik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Melalui bimbingan teknis ini, kami berharap Ketua RT dan RW dapat meningkatkan kapasitas dalam mengelola data kependudukan secara lebih baik, akurat, dan efisien," ujar Kusmana.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan pemahaman teknis mengenai sistem pendataan, tetapi juga bertujuan untuk memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan.

Kusmana menambahkan bahwa peningkatan kapasitas ini akan berdampak langsung pada kualitas pelayanan publik, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut.

"Harapan saya, Bapak/Ibu dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik, serta berkomitmen untuk menerapkan ilmu yang didapat dalam pelayanan sehari-hari," tambahnya.

Ia juga menyoroti pentingnya pengelolaan data yang valid di era digitalisasi ini, karena data penduduk tidak hanya berfungsi sebagai alat administrasi, tetapi juga sebagai dasar perencanaan pembangunan, kebijakan sosial, serta pelaksanaan program-program pemerintah.

"Peran RT dan RW sebagai garda terdepan dalam pengumpulan dan pengelolaan data penduduk menjadi sangat krusial," tutup Kusmana.

Pewarta          : Ovie 
Dokumentasi  : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.