Pemkot Sukabumi Kampanyekan Udara Bersih, Gelar Uji Emisi Massal

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Sukabumi M Hasan Asari membuka kegiatan Pengujian Emisi Gas Buang Kendaraan Dinas/Operasional/Pribadi gratis Tahun 2024 di halaman Parkir Terminal Type C Kota Sukabumi, Rabu (23/10/2024).

Kegiatan yang akan berlangsung dua hari hingga Kamis (24/10/2024) ini diharapkan meningkatkan kesadaran warga dalam pemeliharaan kendaraan terutama pengurangan emisi gas buang. Dalam momen tersebut hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi Asep Irawan dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi Imran Whardani.

'' Ini salah satu kegiatan rutin dari Dinas Lingkungan Hidup sebagai bagian kampanye untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor dari akibat pembakaran tidak sempurna,'' ujar Pj Sekda Kota Sukabumi, M Hasan Asari. Harapannya dapat meningkatkan kepedulian untuk pemeliharaan kendaraan secara rutin.

Hasil akhirnya kata Hasan, amannya ruang udara bernafas dari gangguan polutan gas buang kendaraan. Ia berharap mudah-mudahan kampanye ini tersampaikan kepada warga.

'' Kami mengimbau kepada warga lakukan pengujian emisi gas buang untuk memastikan gas buangnya pada gas ambang batas yang aman,'' ungkap Hasan.

Kepala DLH Kota Sukabumi Asep Irawan menambahkan, ada dua sasaran kegiatan yang pertama untuk kampanye kepada masyarakat agar kendaraanya yang mereka gunakan memenuhi standar sehingga pemilik kendaraan mengetahui kondisinya. Selain itu juga untuk dilakukan pendataan bagaimana kondisi kendaraan memberikan sumbangan terhadap polusi dan jadi catatan.

'' Kota Sukabumi untuk polusi udara kondisinya masih dikatakan aman masih xibawah ambang batas,'' kata Asep. Penyebab polusi ada dua pertama Industri dan kendaraan.

Asep menuturkan, di kota tidak ada Industri polutif karena tidak terlalu banyak pabrik. Ia mengatakan kendaraan yang dikhawatirkan karena cenderungnya pertumbuhan kendaraan meningkat, serta kemajuan transportasi seperti jalan tol infrastruktur, dan perumahah yang bepengaruh pada tata guna lahan berkembang.

'' Kegiatan ini dilaksanakan dua hari, targetnya 350 kendaraan,'' imbuh Asep. Pemeriksaan ini hanya ditujukan untuk kendaraan roda empat.

Pewarta          : Ovie 
Dokumentasi  : Ihsan

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.