Wali Kota Sukabumi Launching Program Unggulan Udunan Online



SUKABUMI--Sebagai bentuk kesetiakawanan sosial, Pemerintah Kota Sukabumi melaunching Program Udunan Online di Hotel Anugrah, Kota Sukabumi, Jumat (27/12). Program unggulan ini digulirkan untuk membantu warga yang membutuhkan bantuan dengan cepat dan dikelola Forum Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh dan Sharing Happines.

Peluncuran Program Udunan Online ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dengan didampingi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada. '' Pada saat kampanye 2018 lalu kami fokus pada masalah kesetiakawanan sosial dan ketahanan keluarga, salah satunya lewat Udunan Online,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Kesetiakawanan sosial perlu dibangun bersama karena ketika masyarakat memiliki perasaan memiliki semangat membangun, maka potensi pembangunan menjadi teroptimalkan. Sebaliknya ketika masyarakat apatis tidak mau terlibat pembangunan karena hanya tugas pemerintah, maka masyarakat menjadi beban pembangunan.

Oleh karena itu kata Fahmi, masyarakat harus menjadi aset pembangunan. Di mana aktif melakukan kegiatan dalam manuver percepatan pembangunan. Oleh karena itu muncullah ide udunan online.

Sebab ungkap Fahmi, kalau hanya dilakukan pemda butuh waktu panjang dalam perbaikan rumah roboh misalnya. Sehingga perlu dukungan yang sifatnya cepat dan dukungan masyarakat.



Udunan online juga ungkap Fahmi, didasari terbatasnya APBD Kota Sukabumi yang hanya Rp 1,3 triliun. Sehingga makna kesetiakawanan ini mengajak seluruh elemen mari berpartisipasi aktif membantu warga dengan membuat jejaring bersama sharing happines.

'' Kalau ada udunan online bisa cepat dibantu ketika ada rumah tidak layak huni contohnya,'' imbuh Fahmi. Sebelumnya pemda juga membentuk Forum CSR yang menghimpun dana CSR dari perbankan dan kalangan usaha.

Sehingga dana tersebut bisa tersalurkan kepada lembaga yang belum tersentuh bantuan. Sementara udunan online menghimpun dana dari masyarakat. Bagaimana udunan online merupakan jawaban atas masalah yang tidak bisa langsung ditangani pemda.

Semangat kolaborasi ini dalam rangka mempercepat mengatasi masalah. '' Nyumbang berapa aja boleh, dulu sulit menyumbang sekarang dipermudah dengan adanya website udunanonline.com,'' imbuh Fahmi.

Dalam launching ini juga dilakukam penggalangan dana secara langsung dan terkumpul dana Rp 2.705.000 dari tamu undangan yang hadir. Fakta ini menunjukkan warga bisa digalang dalam membantu sesamanya.

Posting Komentar untuk "Wali Kota Sukabumi Launching Program Unggulan Udunan Online"