Hari Jadi Kota Sukabumi, Tonggak Sejarah Baru Bangkit dari Pandemi



SUKABUMI--Tepat pada 1 April 2021 Kota Sukabumi merayakan hari jadinya yang ke-107. Namun momen ini masih dirayakan dengan sederhana karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

'' Sebagaimana di tahun 2020 kita masih mengalami hal yang cukup berat di 2021 karena pandemi belum bisa dinyatakan usai,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Salah satunya kesulitan anggaran masih terjadi, sehingga target pemerintah daerah melaksanakan program pembangunan seperti infrastruktur masih tertatih-tatih untuk dituntaskan. 

Fahmi berharap di 2021 pada usia 107 tahun mudah-mudahan ada hal baik dibandingkan sebelumnya. Di mana pemda fokus pada percepatan pemulihan ekonomi warga. Selain itu memaksimalkan vaksinasi yang terus dilakukan berbarengan dengan tumbuhnya ekonomi yang lebih baik dan pendidikan bisa tatap muka. 

Sehingga pada miladnya yang ke- 107 tahun akan menjadi tonggak sejarah baru setelah menghadapi masa pandemi cukup panjang. '' Kepada para ASN saya berpesan mari tingkatkan motivasi kerja, kebersamaan dan kuatkan inovasi karena sejatinya pelayanan kepada warga tidak boleh berhenti dalam situasi sesulit apapun,'' kata Fahmi. 

Sementara bagi masyarakat pembangunan bukan hanya tugas pemda karena membutuhkan peran aktif warga. Di usia 107 tahun mari warga makin aktif dalam bersinergi dan berkolaborasi membangun Kota Sukabumi.

'' Perayaan hari jadi kali ini dilakukan dengan sangat sederhana melibatkan jumlah peserta terbatas karena pandemi,'' kata Fahmi. Di mana ada sifatnya santunan di tiap kelurahan dan memberikan motivasi kepada ASN lain karena ada SKPD berprestasi dan lomba inovasi.

Namun lanjut Fahmi, dengan keterbatasan yang terjadi ada penghargaan yang diperoleh Pemkot Sukabumi. Berharap penghargaan menjadi pemacu bagi ASN untuk meningkatkan kualitas kinerja pelayanan terbaik kepada warga.