Dorong Peradaban Terbaik, Kembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, buka Bimbingan teknis pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di Balkon Hotel, Kota Sukabumi, Kamis (8/4). Momen ini untuk mendorong terwujudnya peradaban terbaik dengan budaya luterasi warganya.

Kegiatan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi ini dihadiri pula Bunda Literasi Fitri Hayati Fahmi. '' Peradaban lahir dari sebuah budaya yang dicontohkan sejak zaman para nabi, khulafaur rasyidin dan kekhalifahan dalam konteks agama Islam, '' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Di mana setiap zaman meninggalkan dua hal yang diidentikan puncak peradaban pada waktu itu pertama arsitektur dan kedua perpustakaan atau budaya literasi. Salah satu yang mendorong kota beradab dengan gerakan budaya literasi. Sebab dengan literasi peradaban sebuah kota dapat meningkat dalam literasi seni secara luas.

Kota Sukabumi kata wali kota memiliki semangat literasi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Misalnya adanya widyaiswara utama yang berkontribusi aktif dalam perpustakaan dunia dan gerakan membangun perpustakaan di berbagai lokasi yang didukung bangunan representatif.

Selain bunda literasi dan lurah, kini ada dua orang relawan literasi ditempatkan di tiap wilayah. Harapannya relawan ini handal yang mampu pendidikan warga betapa pentingnya membangun literasi beradab.

Perpustakaan Fahmi, bertransformasi jadi lembaga sosial bukan hanya tempat membaca buku dan cari sastra. Melainkan kini bertransformasi harus ada peningkatan ekonomi warga perpustakaan.





Posting Komentar untuk "Dorong Peradaban Terbaik, Kembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial"