17 November 2021


SUKABUMI--Penganugerahan Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021 digelar melalui virtual di Balai Kota Sukabumi, Rabu (17/11).

Dalam momen ini Kota Sukabumi meraih penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba Padapa. Penghargaan ini dihadiri langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Ketua Forum Kota Sukabumi Sehat Fitri Hayati Fahmi dan turut dihadiri Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Jakarta. 

Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi mengatakan, pada tahun ini ada 155 kota/kabupaten yang diverifikasi dalam kabupaten/kota sehat. Hasilnya ada 3 provinsi meraih penghargaan sebagai pembina kabupaten/Kota sehat terbaik, 25 kabupaten/kota penerima Swasti Swaba Wistara, 4 kabupaten/kota Swasti Saba Wiwerda, dan 7 kabupaten/kota penerima penghargaan Swasti Saba Padapa.

'' Alhamdulillah Kota Sukabumi meraih kota sehat untuk kategori Swasti Saba Padapa,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Pencapaian Kota Sehat ini merupakan hasil kerja keras semua elemen masyarakat dan aparatur pemerintahan. 

 

Peran aktif masyarakat dalam mewujudkan kota sehat sangat penting dalam mengokohkan Kota Sukabumi dalam meraih Kota Sehat. Misalnya untuk tatanan pertama penciptaan sarana umum yang higienis di sekolah, terminal, dan pasar tradisional. 

Selain itu pemkot rutin melakukan pengontrolan udara bersih dan air sungai yang bersih, pengurangan sampah hingga 21,5 persen dan 74,93 persen penanganan sampah, dan menambah perbaikan rumah tidak layak huni.

Di sisi lain Kota Sukabumi mampu menekan kasus stunting dan angka kematian bayi. Untuk Tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri seperti Inovasi di SMA 3 Sukabumi, inovasi Pasar Kota Sukabumi, posyandu mapay Imah atau Pos Mamah, homecare, Pandawa S Pendaptaran melalui WA dan SMS layanan puskesmas untuk mengatur kapan waktu ke puskesmas di tengah pandemi.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda