15 Desember 2021

1 / 3
2 / 3
3 / 3


H. Andri Setiawan Hamami, Wakil Wali Kota Sukabumi menghadiri acara “Gerakan Menuju Smart City 2021” yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) Republik Indonesia pada Selasa, 14 Desember 2021. Acara tersebut merupakan “Closing Ceremony Gerakan Menuju Smart City 2021" di ICE BSD, Tangerang.

Smartcity merupakan salah satu program pemerintah yang telah berjalan sejak tahun 2017. Program ini secara simultan memberikan dukungan dan bimbingan kepada 100 kota atau kabupaten terpilih. Smartcity difokuskan pada bidang pariwisata. Hal ini sejalan dengan program pemerintah terkait Kawasan Wisata Prioritas.

Menjadikan pariwisata sebagai program prioritas merupakan salah satu strategi pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Seperti diketahui, pariwisata merupakan salah satu sektor paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Integrasi smartcity ke dalam industri pariwisata merupakan salah satu bentuk mekanisme menumbuhkan resiliensi di tengah disrupsi akibat pandemi. Kecuali itu, penjenamaan atau branding kota cerdas harus didukung oleh pemanfaatan teknologi dan inovasi sebagai salah satu optimalisasi promosi daerah, termasuk di dalamnya lokasi-lokasi wisata.

Kota Sukabumi menjadi salah satu kota penerima penghargaan sebagai kota yang telah menunjukkan prestasi dalam Gerakan Menuju Smartcity 2021. Penghargaan pada kategori Dimensi Smart Governance dalam penerapan aplikasi Super, Administrasi Kependudukan, dan situs Covid-19 diterima langsung oleh H. Andri Setiawan Hamami.

Kota Cerdas

Smartcity adalah sebutan yang diberikan pada sebuah kota yang mampu menggabungkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam meningkatkan kualitas dan kinerja layanan perkotaan seperti energi, transportasi dan utilitas untuk mengurangi konsumsi sumber daya, pemborosan, dan biaya keseluruhan. Tujuan menyeluruh Smartcity yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup bagi warganya melalui teknologi cerdas.

Sukabumi Menuju Kota Cerdas

Upaya yang telah dan akan terus ditempuh oleh Pemerintah Kota Sukabumi dalam mewujudkan Smartcity (Kota Cerdas) dilakukan melalui beberapa hal, antara lain;

Pertama, penerapan berbagai teknologi digital dan elektronik yang dapat dengan mudah diakses oleh warga kota dan komunitas. Inisiasi pendirian/pembangunan Sukabumi Creative Hub telah dilakukan melalui penyusunan masterplan Sukabumi Creative Hub dan Sukabumi Super.

Kedua, Internet of Things (IoT) yang mengkolaborasikan setiap program. Misalnya Sukabumi KECE (Kelurahan Entreupreuneurship Center) merupakan kolaborasi antara kebijakan di Bidang Ekonomi dengan penggunaan internet.

Ketiga, penerapan TIK untuk meningkatkan kehidupan dan lingkungan kerja. Sebagai contoh, Bagian Hukum Pemerintah Kota Sukabumi telah membuat website resmi Jaringan Dokumen Informasi Hukum (https://jdih.sukabumikota.go.id) untuk mempublikasikan setiap produk hukum di Kota Sukabumi. Setiap OPD dan Dinas di Kota Sukabumi juga telah memiliki website resmi sebagai pusat pelayanan berita dan informasi.

Keempat, teritorialisasi praktik yang menyatukan orang-orang dan TIK untuk mendorong inovasi dan meningkatkan pengetahuan yang mereka tawarkan

Inovasi Smartcity Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi 2018-2023

Arah dan kebijakan untuk menciptakan Kota Sukabumi sebagai Kota Cerdas telah ditempuh melalui berbagai langkah inovatif dan benar-benar melibatkan seluruh pihak. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan ini antara lain:

  1. Seminar Relasi Seni dan Budaya Menuju Sukabumi sebagai Kota Berperadaban
  2. Dakwah Virtual. Merupakan upaya Pemerintah Kota Sukabumi dalam melakukan pembinaan kepada generasi Milenial atau generasi era Revolusi Industri 4.0.
  3. Kabizza Fest. Rangkaian kegiatan yang menampilkan hasil inovasi generasi muda, pelaku usaha ekonomi kreatif, dan komunitas di Kota Sukabumi.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda