FPD Dorong Sukseskan Gerakan Literasi Digital





Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Kota Sukabumi untuk peren0canaan pembangunan 2023, Kamis (17/2/2022).



Momen tersebut untuk menyukseskan gerakan literasi khususnya saat ini literasi digital. Hadir dalam momen ini Bunda Literasi Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Plt Kepala Dispusip Asep Suhendrawan dan Sekretaris Dispusip Dian Sucianti.



'' Gerakan literasi penting dalam menyukseskan program lain,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Sebab gerakan literasi adalah salah satu yg tidak bisa dipisahkan dalam membuat peradaban lebih baik. Oleh karena itu keluarga besar Dispusip harus kolaborasi dengan SKPD terkait dalam gerakan literasi digital bukan hanya yang biasa.



Pascapandemi lanjut Fahmi, gerakan literasi digital harus diperkuat karena data yang didapatkan warga pertama kali rata-rata dari digital. Di mana waktu akses internat warga Indonesia rata-rata 7 jam 53 menit.



Sementara untuk global selama 6 jam 54 menit dan Indonesia peringkat 74 sedunia dalam kemampuan akses internet durasinya panjang. Dengan hal ini anak dan remaja mengakses internet cukup panjang dan tantangan hadirkan literasi digital kolaborasi dengan Diskominfo. 



Fahmi mengatakan, ada 4 pilar dalam literasi digital bagainana media digital etis dan aman bermedia digital sehingga mampu meningkatkan kesadaran data pribadi. Selain itu cakap bermedia digital dan budaya bermedia digital. '' Saya titipkan pesan kecakapan literasi digital benar dipersiapkan,'' ungkap Fahmi.



Salah satunya edukasi warga untuk aktif literasi dan literasi digital memasyarakat karena tidak dapat dihindari. Fahmi mengatakan, ada delapan manfaat literasi digital.



Hal ini karena ketika mampu sosialisasikan akan efektifitas dan efisiensi akan nelekat di warga. Manfaatnya yakni hemat waktu, hemat biaya, memperluas jaringan dan lain lain karena warga mengakses layanan melalui gawai.



'' Intinya adaptif dengan teknologi saat ini dalam pelayanan,'' kata Fahmi. Di mana koleksi buku dapat diakses berbasis teknologi dan bagaimana buku yang dibawa sudah digital library.



Sekretaris Dispusip Dian Sucianti menambahkan, FPD dilaksanakan membahas rencana kerja perangkat daerah melibatkan pemangku kepentingan terkait.

Posting Komentar untuk "FPD Dorong Sukseskan Gerakan Literasi Digital"