08 Februari 2022


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Forum Perangkat Daerah (FPD) Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2023 Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Selasa (8/2/22).

Ada Empat arah kebijakan yang harus disiapkan diwaktu mendatang. Kegiatan yang mengusung tema mencapai kualitas kehidupan masyarakat yang unggul dan sejahtera tersebut dihadiri kepala DKP3 Andri Setiawan dan yang mewakili Kepala Bappeda Kota Sukabumi.

Adapun beberapa kebijakan untuk menjaga sektor pertanian dan perikanan dimasa yang akan mendatang diantaranya, Kebijakan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) misalnya menggencarkan Gerakan Cinta Bumi merupakan upaya dalam merubah perilaku masyarakat Kota Sukabumi untuk lebih peduli dalam penyediaan dan pengelolaan sektor pangan perkotaan.

" Gerakan tersebut meliputi Gerakan menanam di pekarangan, Gerakan Edukasi Agro Usia Dini, dan Gerakan Zero Food Waste (tidak ada makanan sisa). Beberapa gerakan inilah sebagai upaya dalam menjaga sektor pertanian," ujarnya. Peningkatatan sarana dan prasarana Infrastruktur, Misalnya Jalan Usaha Tani (JUT) Pertanian dan Perikanan perlu menjadi perhatian khusus.

Pasalnya, akses infrastruktur mendukung percepatan produktivitas hasil pertanian. Selain itu juga mampu menjadi potensi wisata pertanian. Serta Perlindungan terhadap Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B).

" Dulu hanya alur irigasi yang kita perhatikan karena darah bagi para petani. Bagaimana mengawal perbaikan perbaikan irigasi. JUT juga menjadi perhatian kalo aksesnya jelek produkvitas percepatan hasil tani akan menurun," terangnya. Selanjutnya, Peningkatan Kualitas Produk Sektor Pertanian dan Perikanan. Pangan sehat tentunya menjamin generasi yang berkualitas. Pengembangan sektor pertanian dan perikanan dalam lingkup keluarga berupa pemanfaatan lahan pekarangan diharapkan dapat mendukung penanganan stunting di Kota Sukabumi melalui pemenuhan gizi keluarga dengan pangan yang bergizi, beragam, sehat, aman, halal (B2SAH).

Selanjutnya, Peningkatan Pendapatan Sektor Pertanian dan Perikanan. Kebijakan Pengembangan produk unggulan pertanian dan perikanan, Kebijakan melalui pengembangan produk unggulan daerah yang memiliki nilai ekonomis tinggi misalnya pengembangan beras organik.

" Diharapkan setiap wilayah/kelurahan memiliki produk unggulan pertanian dan perikanan (One Village One Product). Spesialisasi produk pada daerah tertentu diharapkan mampu meningkat pendapatan petani di wilayah tersebut," paparnya.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda