Gerakan Sukabumi Bersih Edukasi Warga Jaga Kebersihan Sungai

 

SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan aksi bersama Program Sukabumi Bersih, "Amankan, Selamatkan, Bebaskan", yang di gagas oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Sukabumi, Sabtu (18/6/2022) di irigasi dan sungai  Cipelang (mulut) Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. 

Dalam momen itu terpantau sejumlah relawan dari berbagai elemen hadir, tercatat 67 Lembaga/Komunitas Relawan Kemanusiaan yang sudah terhimpun dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), turut antusias membersihkan sampah yang mengotori dan menghambat aliran sungai, dengan metode manual. 

Dengan memakai sepatu bot Walikota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Kepala Pelaksanaan (Kalak) BPBD Kota Sukabumi, Imran Whardani melakukan simbolis penanaman Pohon ditepi sungai Cipelang. Selain itu juga guna memastikan aliran Sungai tak terhambat sampah dilakukan penyusuran sungai menggunakan perahu karet. 


Kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen bersama dalam membersihkan sungai sekaligus ajang edukasi masyarakat. Pemerintah berharap masyarakat akan semakin tertin dan disiplin dalam menjaga lingkungan sekitar. Dan terus dilakukan koordinasi agar aksi bersih-bersih dari Hulu ke Hilir bisa terlaksana dengan baik. 

" Saya ucapkan terimakasih banyak kepada  relawan yang hadir, yang memiliki komitmen dalam membersihkan sungai," ujar Walikota Sukabumi Achmad Fahmi disela-sela kegiatan. 

Selain itu, orang nomor satu di Kota Sukabumi imenegaskan kepada masyarakat agar taat aturan terhadap garis Sempadan Sungai. Yang merupakan garis batas luar pengamanan sungai yang membatasi adanya pendirian bangunan di tepi sungai. Karena, terkadang musibah terjadi akibat ketidakdisiplinan masyarakat terhadap aturan. 

" Masyarakat kami himbau untuk sama-sama taat aturan sepadan sungai. terkadang terjadi musibah karena ketidaksiplinan, jadi upayanya sterilisasi aturan yang ada," terangnya. 

Ditambahkan Fahmi, dalam aksi bersih-bersih yang juga melibatkan Pemuda yaang merupakan bagian tak terpisahkan dalam proses pembangunan dan juga menjaga lingkungan sekitar. " pemuda harus menjadi teladan, menjadi pelopor dalam mwnjaga kelestarian lingkungan," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Gerakan Sukabumi Bersih Edukasi Warga Jaga Kebersihan Sungai"