Haornas, Momen Tingkatkan Prestasi dan Budayakan Olahraga


Reportase: Dila Novianti


SUKABUMI--Puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 tingkat Kota Sukabumi digelar di Lapang Merdeka, Kamis (15/9/2022). Haornas Ke-39 Tahun 2022 mengusung tema “Bersama Cetak Juara”.

Momen tersebut dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto, Polres Sukabumi Kota dan unsur forkopimda lainnya. Di awal kegiatan dilakukan senam bersama dilanjutkan pengukuhan panitia dan kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 14 Jabar tahun 2022 dan Peparprov Jabar 2022. Selain itu penghargaan kepada atlet berprestasi.

'' Mudah-mudahan olahraga di Indonesia khususnya di Kota Sukabumi mendapatkan prestasi sebaik-baiknya dan derajat kesehatan meningkat dengan kebiasaan berolahraga,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen baik KONI, Kormi, dan seluruh elemen penggiat dan pecinta olahraga.

Terutama dalam menggelorakan kegiatan olahraga di tengah masyarakat. Selain itu atas pencapaian prestasi di berbagai cabang olahraga yang membawa nama harum Kota Sukabumi.

Dalam momen ini wali kota membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam rangka Haornas ke 39 tahun 2022. Dalam sambutannya Menpora menyampaikan, bangkitnya ekonomi dan produktifitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktifitas fisik selama masa 2 (dua) tahun pandemi covid-19 menjadi momentum peringatan Haornas yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.



Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON). Diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi, oleh sebab itu maka tema peringatan Haornas XXXIX Tahun 2022 ini adalah “Bersama Cetak Juara”. 

Untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Mari sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat sehingga olahraga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup, yang tentunya dalam pelaksanaannya saat ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.      

Posting Komentar untuk "Haornas, Momen Tingkatkan Prestasi dan Budayakan Olahraga "