Kembangkan Aplikasi Teman Disabilitas (TeDi) Terlengkap Pertama di Indonesia, Najma Diapresiasi Wali Kota Sukabumi


Reportase: Dila Novianti

SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengapresiasi Najma, mahasiswi Universitas Padjajaran (UNPAD) jurusan Statistika asal Kota Sukabumi (alumni SMAN 3 Kota Sukabumi) yang berhasil menorehkan prestasi terbaik..

Najma merupakan Lulusan Terbaik Program Google Bangkit Kampus Merdeka 2022. '' Najma tampil dengan membawakan Aplikasi TeDi (Teman Disabilitas) yang merupakan aplikasi all-in-one pertama di Indonesia yang dapat membantu semua kalangan disabilitas,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kamis (8/9/2022).

Di mana, Najma dan teman satu timnya berhasil menyisihkan sekitar 3.500 an mahasiswa dari seluruh Indonesia lainnya. Selain Najma sebagai Ketua Tim TeDi, pengembangan aplikasi ini bersama lulusan terbaik lainnya. Mereka adalah Julio Fahcrel (Unpad), Pratama Azmi Atmajaya (Universitas Telkom), Sang Bintang Putera Alam (Politeknik Negeri Jember), Gilang Martadinata (Universitas Presiden) dan Hazlan Muhammad Qodri (UPN Veteran Yogyakarta).

Atas prestasi tersebut, Najma sebagai Team Leader dan teman-teman satu timnya mendapatkan hadiah sebesar Rp 140 juta dari Google dan Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi untuk mengembangkan aplikasinya lebih lanjut. '' Najma dan Kota Sukabumi memang Juara,'' kata Fahmi dalam unggahan di akun media sosial pribadi Instagramnya.

Seperti diketahui Najma merupakan putri dari Achmad Fahmi (Wali Kota Sukabumi) dan Fitri Hayati Fahmi. Aplikasi TeDi merupakan aplikasi mobile pertama di Indonesia yang memiliki fitur lengkap untuk membantu tiga penyandang disabilitas, yaitu tunanetra, tunarungu, dan tunawicara.

Proyek TeDi merupakan final capstone project yang diadakan Google Bangkit 2022 dan berhasil mengungguli 15 proyek terbaik setelah bersaing dengan 437 proyek yang masuk.  

Posting Komentar untuk "Kembangkan Aplikasi Teman Disabilitas (TeDi) Terlengkap Pertama di Indonesia, Najma Diapresiasi Wali Kota Sukabumi"