Sosialisasi Program Pemeriksaan HIV bagi Catin dan Pemulasaran Jenazah ODHIV,




Reportase: Dila Novianti

CIKOLE - Dalam upaya mengendalikan penyebaran dan menurukan Jumlah Kasus Baru HIV/AIDS. Pemerintah Kota Sukabumi melalui Komisi Penanggulangan Aids (KPA) melakukan Sosialisasi Program Pemeriksaan HIV bagi Catin dan Pemulasaran Jenazah ODHIV, Selasa (25/10/2022) di Ruang Pertemuan Dinkes Kota Sukabumi. 


Sosialisasi tersebut diikuti oleh Tokoh Agama Se-kota Sukabumi, jejaring Tokoh Agama sebagai sebuah entitas yang mempunyai peran strategis di Indonesia dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AID. 


Adapun kegiatan ini dalam rangka melakukan pencegahan dini pada pasangan yang akan menikah dengan memberikan Informasi HIV/AIDS uang bernar dan lengkap pada pasangan. Memberikan pilihan untuk melakukan tes HIV lebih dini pada calon pengantin. 

" Kekhawatiran mengenai masalah adanya Virus HIVnatau AIDS yang melekaynpada jenazah dan ternyata bisa diantisipasi," hal tersebut disampaikan Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Setda Kota Sukabumi Iskandar. 

Salah satunya memberukan pemahaman tata cara perawatan jenazah penderita penyakit menular khususnya HIV/AIDS termasuk kesiapan penggunaan alat pelindung dini dan penata laksanaan peralatan. 



Dijelaskan Iskandar, berbagai upaya strategis telah diupayakan oleh Pemkot Sukabumi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam HIV/AIDS. Hal itu menunjukkan hasil yang cukup baik. Terlihat dari jumlah kasus baru yang ditemukan.

Pada tahun 2020 sebanyak 157 Kasus, pada Tahun 2021 167 Kasus, Pada tahun 2022 hingga Agustus sebanyak 112 Kasus. Sedangkan jumlah kumulatif dari tanu 2000 hingga Agustus 2922 mencapai 1985 Kasus. 


" Saya berharap Komitmen semuanya untuk tetap memikirkan bagaimana elidemi HIV/AIDS itu bisa ditekan dan ini merupakan tugas dan tanggung Jawab kita bersama," terangnya.
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.