Lewat Pelatihan Budidaya, Pemkot Sukabumi Maksimalkan Potensi Perikanan




Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri pelatihan Keterampilan Kerja Budidaya Perikanan sub kegiatan pembinaan dan pemantauan pembudiyaan ikan di darat yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi di Ruang Pertemuan Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi, Selasa (30/5/2023).



'' Bersyukur Sukabumi mendapatkan potensi yang tidak dimiliki daerah lain dalam hal potensi sumber daya alam cukup baik untuk perikanan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sehingga generasi muda harus memanfaatkan peluang itun



Kegiatan ini terang Fahmi bagian dari stimulans dari sisi keilmuan, motivasi. Mari sama-sama bergerak dengan potensi yang ada dengan peluang pelatihan.



'' Sesulit sulitnya pekerjaan, kalau dikerjakan akan selesai,'' ungkap Fahmi. Oleh karenanya manfaatkan potensi perikanan dan transformasi mengubah mindset dengan perikanan akuakultur.



Pelatihan dua hari ini lanjut Fahmi dalam kerangka mempersiapkan ilmu perikanam. Selain punya keilmuan, mindset diubah dari berorientasi ekploitasi SDA jadi efisiensi dan transformasi dari akses pasar terbatas menjadi akses tanpa batas.



Fahmi menuturkan, dari survei pelaku perikanan sekitar 52 persen lulusan SMA atau sebagian besar didominasi lulusan SMA dan, sarjana jarang yang mau masuk. Padahal peluangnya sangat baik.



Dalam pelatihan ini lanjut Fahmi ada empat manfaat pertama Ilmu tentang budidaya perikanan, stimulan sarana produksi perikanan bibit pakan, pendampingan teknis, dan monitoring berkala. '' Saya titipkan 4 hal itu, ingat serius akan membuat sukses dan berhasil,'' jelasnya.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.