Pj. Ketua TP-PKK Kota Sukabumi Tekankan Pentingnya Peran Kader PKK Dalam Pencegahan Stunting di Kelurahan Subangjaya

Pj. Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Sukabumi, Diana Rahesti, membuka dan memberikan arahan dalam acara Penanganan dan Pencegahan Stunting untuk Kader PKK di Kelurahan Subangjaya, pada Rabu, 26 Juni 2024, di Ruang Pertemuan Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole.

Dalam sambutannya, Diana Rahesti menyampaikan tentang bahaya dan dampak stunting yang menjadi isu strategis nasional dalam penanganan dan pencegahan stunting, khususnya di Kota Sukabumi.

"Upaya pencegahan stunting ini dilakukan secara komprehensif dan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Peran kader PKK sangatlah penting dalam upaya ini," ujar Diana Rahesti.

Para peserta pelatihan dituntut untuk berinovasi dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya calon pengantin, ibu hamil, dan ibu menyusui, tentang dampak stunting dan penanganannya.

Berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi stunting di Kota Sukabumi mencapai 19,1% pada tahun 2022, dan melonjak menjadi 26,9% pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Diana Rahesti berharap pelatihan ini dapat memberikan informasi dan edukasi kepada para kader PKK dan Posyandu terkait pentingnya mencegah stunting.

"Pencegahan stunting bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia sehingga dapat tumbuh kembang dengan baik dengan menjaga asupan gizi yang seimbang dan pola asuh anak yang tepat," lanjutnya.

Diana Rahesti berharap para kader PKK dapat menjadi motivator dan fasilitator bagi masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang anak yang sehat dan bebas stunting.

Pewarta          : Indah 
Dokumentasi  : Dede Soleh Saepul

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.