Kelurahan Cisarua Gelar Bimtek Pengelolaan Sampah untuk Tingkatkan Kesadaran Lingkungan

Pada Kamis, 18 Juli 2024, Kelurahan Cisarua, Kota Sukabumi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Peran Serta Keluarga dalam Mengubah Perilaku Kesehatan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah.

Acara yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kelurahan Cisarua ini dibuka oleh Penjabat Ketua TP-PKK Kota Sukabumi, Diana Rahesti. Hadir dalam kegiatan ini Camat Cikole, Lurah Cisarua, Ketua TP-PKK Kelurahan Cisarua, Ketua Kampung KB Kelurahan Cisarua, para narasumber, kader PKK, dan pengurus TPS3R Kelurahan Cisarua.

Dalam sambutannya, Camat Cikole, Caesar menekankan pentingnya menumbuhkan kesadaran lingkungan, khususnya terkait pengelolaan sampah. Ia mengungkapkan bahwa Kota Sukabumi menghasilkan 180 ton sampah per hari, dengan Kecamatan Cikole sebagai penyumbang sampah terbanyak.

"Beberapa isu strategis terkait sampah di Kota Sukabumi antara lain keterbatasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pemilahan sampah yang belum optimal, meningkatnya kebutuhan konsumtif, pemahaman masyarakat yang masih minim, dan lahan yang semakin terbatas untuk menampung sampah," kata Caesar.

Sementara itu, Diana Rahesti dalam sambutannya menyoroti kurangnya kesadaran masyarakat sebagai salah satu penyebab utama sulitnya mengatasi masalah sampah.

"masalah sampah adalah tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan rapi. Akar permasalahan terletak pada pola pikir dan kebiasaan yang menganggap sampah sebagai barang tidak berguna, sehingga pengelolaannya masih bertumpu pada pendekatan akhir," kata Diana

Pemerintah Kota Sukabumi, lanjut Diana, mendorong program bank sampah TPS3R yang berkonsep reduce, reuse, dan recycle untuk meminimalisir penumpukan sampah di TPA.

"Para kader PKK dan pengurus TPS3R untuk berinovasi dalam mengembangkan pengelolaan sampah agar lebih bermanfaat dan dapat digunakan kembali," ajaknya.

Diana mencontohkan beberapa metode pengelolaan sampah yang bernilai, seperti membuat kompos dari sampah organik dan biogas mini dari hasil pengomposan.

Ia berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan peserta Bimtek dalam pengelolaan sampah dan dapat diaplikasikan mulai dari lingkungan rumah masing-masing.

Kegiatan Bimtek ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta mendukung upaya Pemerintah Kota Sukabumi untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Pewarta          : Indah Okti 
Dokumentasi  : Fadhil

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.