Pemberdayaan Kelurahan Gedongpanjang: Peran BKMM dalam Pencegahan Stunting

Penjabat Ketua TP-PKK menghadiri kegiatan pemberdayaan yang diadakan oleh TP-PKK Kelurahan Gedongpanjang dengan tema "Peran Serta BKMM Dalam Pencegahan Stunting Untuk Mewujudkan Kemandirian Keluarga", pada Rabu, 10 Juli 2024.

Acara ini berlangsung di Ruang Pertemuan Kelurahan Gedongpanjang dan dihadiri oleh berbagai pejabat dan anggota masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Citamiang, Ketua TP-PKK Kecamatan, Lurah Gedongpanjang, Ketua TP-PKK Kelurahan Gedong Panjang, anggota PKK, dan anggota BKMM.

Dalam sambutannya, Diana Rahesti menjelaskan pentingnya penanganan dan pencegahan stunting sebagai program yang sangat didorong oleh pemerintah pusat hingga ke tingkat desa.

"Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah usia lima tahun akibat kekurangan gizi, yang dimulai sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK)," terangnya.

Mengutip data dari UNICEF dan WHO tahun 2018, Diana menjelaskan bahwa anak dikategorikan stunting apabila tinggi badannya berada di bawah minus dua standar deviasi dari panjang atau tinggi anak seusianya.

Menurutnya, penanganan stunting merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, keluarga, dan individu.

"Melalui program pemerintah dalam penanganan dan pencegahan stunting, mari kita bersama bekerja sama agar keluarga kita terhindar dari stunting. Kerja sama yang baik antar anggota keluarga sangat penting, termasuk saling mengingatkan tentang pentingnya kesehatan dan rutin memeriksakan kesehatan ibu hamil ke fasilitas kesehatan terdekat agar perkembangan janin dipantau dan asupan gizinya tercukupi," ujar Diana.

Diana juga mengucapkan terima kasih kepada majelis ta'lim dan kader PKK yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam kegiatan ini. Ia berharap agar para peserta dapat menjadi fasilitator dan penggerak di masyarakat dalam upaya pencegahan stunting.

Acara ini diharapkan mampu memberikan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh peserta, sehingga mereka dapat bersama-sama menangani dan mencegah stunting pada anak-anak demi tumbuh kembang yang optimal sesuai dengan tahap perkembangannya.

Pewarta          : Puteri Zauhara 
Dokumentasi  : Fadhil

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Pemberdayaan Kelurahan Gedongpanjang: Peran BKMM dalam Pencegahan Stunting"