Posyandu Teratai Berpeluang Jadi Pusat Unggulan Layanan Kesehatan

Posyandu Teratai yang terletak di RW 08 Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, semakin menunjukan eksistensinya di kancah provinsi. Posyandu ini berhasil masuk dalam enam besar lomba Posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2024.

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat pada Jumat, 26 Juli 2024 ini mengusung tema “Posyandu Sebagai Pusat Unggulan Layanan (Center of Excellence) Dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera Menuju Jawa Barat Emas 2045”. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di tingkat masyarakat.

Penjabat Ketua TP-PKK Kota Sukabumi, Diana Rahesti, turut hadir mendampingi Tim Re-Checking dalam penilaian tersebut. Dalam kesempatan ini, Diana Rahesti menyampaikan harapannya agar Posyandu Teratai dapat meraih prestasi terbaik.

“Kami berharap Posyandu Teratai bisa menjadi juara dalam lomba Posyandu tingkat Jawa Barat. Namun, yang terpenting adalah bagaimana pelayanan kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan,” ujarnya.

Ketua Tim Re-Checking, Bayu Rahmana, S.STP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Posyandu memiliki peran strategis dalam menekan angka stunting di Indonesia.

“Posyandu saat ini tidak hanya fokus pada penekanan stunting saja, melainkan juga mencakup seluruh aspek kesehatan, sosial, ekonomi, dan pendidikan,” tegasnya.

Fokus pada Layanan Komprehensif

Posyandu Teratai dinilai memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya lolos ke tahap final. Salah satunya adalah fokus pada pelayanan yang komprehensif.

Posyandu ini tidak hanya menyediakan layanan kesehatan dasar, tetapi juga memberikan edukasi kesehatan, serta melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan.

Pemerintah Kota Sukabumi memberikan dukungan penuh terhadap upaya peningkatan kualitas Posyandu. Melalui berbagai program dan kebijakan, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan Posyandu yang mandiri dan multifungsi.

Harapannya, dengan adanya Posyandu yang berkualitas, masyarakat Kota Sukabumi dapat memperoleh akses layanan kesehatan yang lebih baik dan mewujudkan kota yang sehat dan sejahtera.

Pewarta          : Indah Okti 
Dokumentasi  : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.