Pandemi, UMKM Kota Sukabumi Didorong Kuasai Pasar Digital


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membuka Workshop Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Sukabumi menuju era digital yang digelar pendamping UMKM Juara Kota Sukabumi dan Pasarsukabumi.com di Aula Bank Mandiri Sukabumi, Selasa (17/11). Langkah tersebut untuk membangkitkan sektor UMKM di masa pandemi dengan menguasai pemasaran melalui digital.

Pada momen tersebut hadir Vice President Bank Mandiri (Persero) Tbk Area Sukabumi, Suhedi, pendamping UMKM Juara Kota Sukabumi Sri Puji Rahayu, dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayi Jamiat. '' Pandemi belum bisa diprediksi kapan selesainya dan harus disikapi jadi peluang meningkatkan kemampuan menghadapinya,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Khususnya bagi UMKM, di masa pandemi beralih ke penjualan berbasiskan digital. Hal ini sebagai salah satu cara jalan memulai melaksanakan peningkatan kualitas produk untuk beradaptasi dengan situasi terkini. Pada kesempatan itu Wali kita mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan UMKM.

Pertama melakukan reorientasi dalam artian fokus pada apa yang menjadi ciri khas produk sendiri. Kedua Rehabilitasi, berkaca apa kelemahan dan apa yang harus dikuatkan. Misalnya masalah modal bisa diatasi dengan perbankan dan tingkatkan keunggulan serta mampu memotret produk agar memiliki penampilan menarik Ketiga pengembangan yakni pemda proses permudah izin UMKM seperti PIRT yabg diberikan secara gratis untuk 150 pelaku dan Laik higiene untuk 200 pelaku usaha. '' Kolaborasi dengan komunitas ABCGM, Jabar Juara dan pemda serta bank Mandiri mampu jadi kekuatan besar untuk pulihnya Sukabumi,'' kata Fahmi.

Dengan kesulitan yang ada saling berkolaborasi dan bersinergi serta jadi kekuatan penuh. Koordinator Pendamping UMKM Juara Kota Sukabumi yang juga oengelola Pasarsukabumi.com, Sri Puji Rahayu mengatakan, pelatihan ini dilakukan selama dua hari. Dalam workshop diberikan materi mengenai Digitalisasi marketing dan branding product UMKM.

Selain itu Teknik dan tips memotret UMKM menggunakan smartphone sebagai media promosi berbasis e-learning. Materi lainnya terkait bagaimana UMKM membuat company profile untuk promosi kepada investor.

Posting Komentar untuk "Pandemi, UMKM Kota Sukabumi Didorong Kuasai Pasar Digital"