Wali Kota Launching Dua Inovasi Layanan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa

SUKABUMI--Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi meluncurkan dua inovasi layanan kepada warga, Selasa (9/3).

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahm melaunching inovasi Sambungan Langganan Nganggo Angsuran (Sambal Goang) dan pembayaran tagihan PDAM melalui QRIS bank bjb. Turut mendampingi launcing Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan, Direktuk Utama Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa Abdul Kholik Fajdawani serta chief eksekutif Water.org Don Johnston.

'' Dalam konteks reformasi birokrasi pemda dituntut perbaikan layanan dalam berbagai bentuk dan dipaksa mengeluarkan potensi yang dinilai memberikan kemudahan kepada masyarakat,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Khususnya pelayanan apa yang bisa diberikan dan bisa diakses masyarakat.

Terlebih air bersih merupakan hajat hidup masyarakat dan tidak mungkin mahluk hidup tidak ketergantungan terhadap air bersih. '' Bagaimana perumda dikelola makin profesional karena ada nilai profit dan pelayanan karena BUMD atau perumda harus ada keuntungan sehingga harus ada profesionalitas,'' ungkap Fahmi.

Salah satu caranya dengan peningkatan teknologi dalam pelayanan dan bersyukur pada momrn ini dilaunching dua inovasi. Hal ini bagian dari upaya minimal satu SKPD satu inovasi dalam kerangka reformasi birokrasi.

Di mana pemanfaatan teknologi informasi membuat perusahaan makin kokoh dan dicintai masyarakat karena membutuhkan kemudahan apalagi di masa pandemi. '' Sambal goang salah satu ciri khas kuliner lokal Sukabumi, sehingga masyarakat yang nengalami kesulitan tetap tertarik dengan memasang sambungan baru PDAM,'' kata wali kota.

Hal ini untuk membuat kemudahan kepada pelanggan perumda air minum dan institusi lain. Dengan Aplikasi Sambal Goang diharapkan masyarakat kurang mampu pasca pandemi, mereka mampu akses layanan PDAM dengan menggunakan angsuran dan akan terus tingkatkan layanannya.


Di sisi lain dengan pelibatan kemitraan antara PDAM dan bjb melalui QRIS bjb. Hal ini untuk mempermudah warga untuk membayar tagihan PDAM melalui QRIS bjb dengan melakukan scan.

Pemkot kata Fahmi juga mendorong kulalitas SDM makin meningkat dan perumda tidak boleh puas dengan kondisi yang ada karena dunia terus bergerak dan pesaing terus ada. Intinya bagaimana kualitas SDM meningkat secara bertahap salah satunya kerjasama dengan water.org.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa Abdul Kholik Fajdawani mengatakan, program Sambal Goang ini memberikan kemudahan kepada warga untuk memasang sambungan baru PDAM. Di mana warga hanya membayar uang muka dan langsung dipasang. Bulan depan pelanggan membayar cicilan berikut pemakaian air selama enam bulan dan cicilannya flat. Dalam tahap awal target 122 sambungan baru.

Posting Komentar untuk "Wali Kota Launching Dua Inovasi Layanan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa"