10 Februari 2022


Wali Kota Sukabumi melaunching Penanaman Pertama Padi Program IP400 Kota Sukabumi di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kamisn(10/2/2022).

Gerakan ini untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menaikkan kesejahteraan petani. Hadir dalam momen itu Koordonator Padi Rawa dan Lahan Kering Direktorat Serealia Ditjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Rachmat dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi Andri Setiawan.

'' Produksi pertanian Kota Sukabumi hanya menyuplai 30 persen kebutuhan pangan warga kota dan 70 persen tergantung dari daerah luar Cianjur dan Kabupaten Sukabumi,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Itulah sebabnya jadi tantangan bagi DKP3, bagaimana meningkatkan produktivitas sekaligus kesejahteraan petani.

Salah satu cara bagaimana volume panen bertamnah dari 2-3 kali panen per tahun menjadi 4 kali per tahun melalui gerakan padi IP400. Hal ini supaya ekonomi petani meningkat.

Di mana lanjut Fahmi, kehadiran IP400 solusi terbaik meningkatkan kesejahteraan petani. '' Ada yang dua dan tiga kali panen setahun dan dengan ladi IP400 harus merubahnya,'' kata dia.

Petani harus siap dengan gerakan 5M. Gerakan 5M yakni menyiapkan semai 15 hari sebelum panen, menyiapkan dan mengolah lahan 7 hari, menggunakan benih umur pendek atau gajah, mobilisiasi alat pertanian, dan mengelola air dengan baik.

Fahmi berharap dari luasan lahan terbatas bisa hasilkan hasil maksimal dari satu hektare 6 hingga 7 ton kini menjadi 10 ton. Hal ini dengan penerapan teknologi dan bibit padi baik bisa jadi 10 ton dan meyakini bisa karena ada percepatan.

'' Mudah-mudahan gerakan ini membuat perilaku petani mengalami berubahan dan ekonomi petani meningkat,'' ungkap Fahmi. Dengan launching ini jadi sejarah bagi pertanian dan bersingergis dengan KTNA dan kelompok tani.

Koordonator Padi Rawa dan Lahan Kering Direktorat Serealia Ditjen Tanaman Pangan, Kementan Rachmat menambahkan, gerakan ini meningkatkan indeka pertanaman yakni menanam dan memanen 4 kali setahun. Selain itu merubah kebiasaan biasanya setelah panen baru persemaian baru olah tanah, namun kini 15 hari sebelum panen sudah semai.

Gerakan IP400 meningkatkan produksi karena dihadapkan jumlah penduduk meningkat dan lahan pertanian menurun,.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda