Tingkatkan Kesadaran Semangat Memilah Sampah, Kelurahan Karang Tengah Miliki TPS 3R Mini




Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) mini RW 08 Pasir Pogor Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh dari anggaran P2RW, Selasa (15/3/2022).

Momen itu untuk menggaungkan semangat warga dalam memilah sampah agar keberadaan sampah menjadi berkah bukan musibah. Pada kesempatan itu hadir Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Endah Aruni dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rahmat Sukandar, camat dan lurah.

'' Sampah bisa menjadi berkah dan musibah,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Jadi musibah ketika sampah tidak dikelola dengan baik misalnya beberapa waktu lalu terjadi bencana banjir di Kelurahan Jayaraksa, Baros.



Hal itu salah satunya akibat masalah sampah yang menghambat aliran sungai dan ketika hujan air meluap menyebabkan banjir. Di sisi lain, sampah jadi berkah ketika dikelola dengan baik karena menghasilkan keuntungan misalnya bank sampah Sukabumi.

Fahmi mengatakan, produksi sampah setiap hari mencapai 180 ton. Sementara jumlah warga mencapai 362 ribu jiwa. Di mana dari mulai bayi hingga dewasa pun sudah memproduksi sampah.

'' Produksi sampah luar biasa harus dikelola dengan baik untuk mengurangi sampah karena luasan TPA berkurang,'' ungkap Fahmi. Dengan peresmian TPS 3R ini mampu memberikan semangat kepada RW dan disebarkan ke RT, dan elemen lainnya.

Bangunan TPS3R ini lanjut Fahmi, jadi titik tolak RW mandiri dari sisi anggaran dan bisa berjalan pengelolaan sampah. Dari rumah plastik dan non plastik atau organik dan anorgani dipilah sehingga memudahkan petugas.



'' Semoga masalah sampah di kota semakin dapat diminimalisir dan sampah jadi berlah bagi warga yang mengelolanya,'' imbuh Fahmi. TPS 3R ini jadi role model atau percontohan pengelolaan sampah berbasis RW di daerah lain.

1 komentar untuk "Tingkatkan Kesadaran Semangat Memilah Sampah, Kelurahan Karang Tengah Miliki TPS 3R Mini "

  1. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi dalam penanggulangan sampah di masyarakat

    BalasHapus

Silakan kirim saran dan komentar anda