Pimpin Rakor Perekonomian dan SDA, Wali Kota Dorong Percepatan Pembangunan


SUKABUMI--Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengikuti rapat koordinasi perencanaan pembangunan bidang perekonomian dan sumber daya alam di Kantor Bappeda Kota Sukabumi, Kamis (7/4/2022).

Kegiatan tersebut bertemakan sinergi perencanaan pembangunan bidang PSDA untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Selain wali kota, hadir secara virtual Kepala Dinas Industri dan Perdagangan (Indag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Iendra Sofyan, dan Kepala Bappeda Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah.

'' Percepatan pembangunan harus dilakukan pasca melandainya pandemi baik ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sebagaimana gubernur Jabar menyampaikan ada tujuh ekonomi baru pascanpandemi dan harus beradaftasi dan memperhatikannya sebagai bagian tidak terpisahkan dalam pembangunan.

Beberapa potensi harus dimaksimalkan baik ekonomi kreatif dan pariwisata. Apalagi secara geografis Kota Sukabumi diuntungkan dan kini kereta KA Pangrango akan beroperasi kembali dan Desember 2022 jalan tol Bocimi sampai Cibadak.

Sehingga rakor bidang PSDA ini dalam membuat kesepakatan dan kesepahaman langkah di 2022. Meskipun pada 2020 dan 2021 sempat mengalami pelambatan ekonomi bukan hanya terjadi di Sukabumi tapi daerah lain.

Namun di April 2022 kasus Covid melandai dan 4 April 2022 masuk PPKM level 1. Oleh karenanya harus ada percepatan ekonomi, kesehatan dan sisi lain.

Diantaranya fokus realisasikan target indikator makro yakni indeks pembangunan manusia (IPM), menekan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka, mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Selain itu mendorong pendapatan per kapita dan indeks gini ratio.


'' Bidang Invetasi dan penanaman modal di daerah perkotaan harus didukung penciptaan lim usaha yang kondusif dan menyenangkan,'' kata Fahmi. Salah sa5unya dengan perizinan yang cepat, mudah, dan murah.

Upaya lainnya mendorong destinasi pariwisata yang dilakukan percepatan kampung wisata tematik seperti Taman rekreasi dan olahraga Kenari (TROK). Di mana pemulihan ekonomi ini akan melompat dengan kolaborasi unsur pentahelix.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.

Posting Komentar untuk "Pimpin Rakor Perekonomian dan SDA, Wali Kota Dorong Percepatan Pembangunan"