Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada 2024: Pemkot Sukabumi Matangkan Strategi dan Sinergi Antar Lembaga

Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kota Sukabumi digelar di Ruang Pertemuan Setda Kota Sukabumi pada Selasa, 2 Juli 2024. Rapat ini dipimpin oleh Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, dan dihadiri oleh unsur Forkompimda Kota Sukabumi, KPU, dan Bawaslu Kota Sukabumi.

Dalam sambutannya, Kusmana Hartadji menegaskan komitmen Pemkot Sukabumi untuk menyelenggarakan Pilkada 2024 yang kondusif dan aman. Ia menyampaikan bahwa Pemkot telah mengalokasikan anggaran untuk pendanaan kegiatan Pilkada, termasuk dana hibah kepada KPU dan Bawaslu.

Kusmana Hartadji menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pilkada.

“Saya telah menerbitkan surat edaran terkait netralitas ASN ini dan meminta agar seluruh ASN mematuhinya,” jelasnya.

Kepala Kesbangpol Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan dalam paparannya menyampaikan bahwa Pilkada 2024 sudah memasuki tahapan coklit data pemilih.

“Pemkot telah membentuk Desk Pilkada dan melakukan evaluasi dari Pemilu 2019 untuk memaksimalkan persiapan Pilkada 2024,” kata Yudi.

Sementara itu, Kabag Ops, AKP Deden dari Polres Sukabumi Kota memaparkan kesiapan Polres dalam mengamankan Pilkada 2024.

Ia menyampaikan bahwa Polres Sukabumi Kota kekurangan personel, namun telah melakukan pemetaan terhadap titik kerawanan dan menyiapkan strategi pengamanan.

Dandim 0607 Sukabumi, Yudhi Hariyanto dalam paparannya menegaskan komitmen TNI untuk menjunjung tinggi netralitas dan membantu menjaga kondusifitas selama Pilkada 2024. Ia menyampaikan bahwa 400 personel TNI akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkada.

Terkait Tahapan Pilkada 2024 dipaparkan oleh Imam Sutrisno, Ketua KPU Kota Sukabumi. KPU Kota Sukabumi juga meminta dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada yang demokratis dan aman.

Rapat Koordinasi menjadi salah satu strategi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Tujuan dari rakor ini yaitu menghasilkan sinergi antar lembaga dalam rangka mempersiapkan dan menyelenggarakan Pilkada 2024 yang sukses, aman, dan kondusif.

Pewarta          : Kang Warsa 
Dokumentasi  : Agus Rustiawandi

DOKPIM KOTA SUKABUMI
Pranata Kehumasan
Ross Pristianasari
Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.