Pemkot Sukabumi Bareng BMPS Berkolaborasi Bangun Dunia Pendidikan dengan Libatkan Teknologi

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengikuti diskusi panel sinergi pemerintah dan badan penyelenggara mewujudkan sekolah swasta berkualitas yang digelar Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Sukabumi di Aula bank Bjb Sukabumi, Rabu (21/6/2023).

Momen ini dalam mendorong sekolah swasta agar meningkatkan kualitas pendidikan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Hadir pula dalam momen ini Ketua BMPS Sukabumi Asep Deni dan Kepala KCD Pendidikan Wilayah V, Nonong Winarni.


'' Dalam Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) skema pendidikan yang dilakukan pemerintah bersama dengan pemangku kepentingan di dunia pendidikan,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Pemerintah tidak semata-mata mempriorittaskan sekolah negeri, karena hadir sebagai orangtua dan memperhatikan sekolah negeri dan swasta.

Selain itu pemda mencantumkan peningkatan SDM ini menunjukkan komitmen menghadirkan Indonesia emas 2045 mendatang. Dalam visi misi mencantumkan upaya menghadirkan anak cerdas, fisik sehat, akhlak mulia, dan taat ibadah.

'' Berkoordinasi dan kolaborasi mencapai keberhasilan prioritas di sektor pendidikan,'' ungkap Fahmi. Pemda memberikan dukungan ke sekolah swasta dalam bentuk BOS Kota karena memiliki semangat koordinasi dan kolaborasi.

Fahmi menyampaikan ada empat usu pendidikan masa kini yang disepekati. Pertama Universal quality education bagaimana pendidikan memiliki kualitas universal.

Kedua Digital teknologi in education yakni pelibatan teknologi dalam sisten pembelajaran. Kalau tidak melibatkan teknologi, maka akan kesulitan bertahan.

Berikutnya Solidarity dan partnership dalam pembangunan pendidikan. Terakhit The future work post pandemic covid-19, di mana masa depan anak sekarang berbeda dengan sebelumnya.

'' Apa yang harus dilakukan ada 4 hal yakni Digital leadership, maka beradaptasi dengan teknologi,'' ungkap Fahmi. Kedua, Transformasi budaya pendidikan, sekolah harus transformasi ke arah lebih baik.

Ketiga Education networking membangun jejaring dalam pembangunan. Terakhir solusi edupreneur.

'' Mari sama sama hadapi isu pendidikan, bagaiaman BMPS menjamin pimpinan dan sekolah yayasan tidak gagap teknologi dan memotivasi sekolah lakukan percepatna teknologi,'' ungkap Fahmi. BMPS dapat menjamin sinergitas diantara semua dan tantangan harus dihadapi bersama.

Misalnya sekolah yang satu menguatkan dengan sekolah yang lain. '' Dua kata kunci mari buat bangga dan membahagiakan masyarakat,'' kata Fahmi.

Dokumentasi Pimpinan
Dokumentasi Pimpinan Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan Pemerintah Kota Sukabumi merupakan bagian dari Sekretariat Daerah Kota Sukabumi.