09 Januari 2022


SUKABUMI--Unsur Forkopimda Kota Sukabumi menghadiri kegiatan donor darah yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Cabang Kota Sukabumi di Sekretariat INTI di Danalaga Square Kota Sukabumi, Minggu (9/1).

Bahkan, pada momen tersebut Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin ikut mendonorkan darahnya. Pada momen itu juga hadir Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Dedy Arianto, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, serta PMI Kota/Kabupaten Sukabumi.

'' Kami mengapresiasi kegiatan donor darah ini dan tercatat 600 orang peserta,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Kegiatan ini bagian dari menjamin ketersediaan labu darah di PMI Kota dan Kabupaten Sukabumi. 

Fahmi mengatakan, ia pun melakukan donor darah karena waktunya donor darah. Seperti diketahui wali kota Sukabumi rutin mendonorkan darahnya. 

Ketua Panitia Donor Darah dari INTI Sukabumi Ivan mengatakan, aksi donor darah merupakan kegiatan baik karena dari aksi tersebut bisa melihat tidak ada perbedaan SARA dan golongan. Sebab semua bersatu dalam aksi kemanusiaan membantu sesama manusia. 

Panitia lanjut Ivan, melibatkan PMI Kota dan kabupaten Sukabumi mengingat jumlah pendaftar mencapai 600 orang. Perwakilan INTI Sukabumi lainnya Lily menambahkan, dalam donor darah ini ada doorprize dari CSR perusahaan yang memberikan apresiasi kegiatan INTI seperti sepeda motor, lemari es, mesin cuci dan lain sebagainya. 

Hal ini untuk menarik pendonor melakukan donor darah dan agar pendonor pemula mau mendonorkan darahnya. Selain itu mengkampanyekan budaya donor darah bagi warga Kota/Kabupaten Sukabumi.

'' Perhimpunan INTI peduli kemanusian menggelar donor darah secara rutin,'' ungkap Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo. Biasanya warga yanh mendonorkan darahnya sebanyak 200 hingga 300 orang akan tetapi di awal tahun cukup banyak yakni 600 orang lebih.

Sehingga kata Suranto, PMI mengucapkan teirmakasih kepada panitia dan pihak lainnya yang mengajak warga mendonorkan darah termasuk pemula. Terlebih ada doorprize sehingga menarik warga donor darah. 

'' Donor darah sebagai salah satu cara menyehatkan diri baik pemdonornya dan yang mendapatkan transfusi darah,'' cetus dia. Sebab dengan donor darah ini darahnnya menjadi baru dan mengangkut oksigen lebih banyak. 

Perwakilan PMI Kabupaten Sukabumi Ricky Julian mengatakan, antusias warga kali ini untuk donor darah sangat besar. '' Semoga berlangsung lebih banyak pesertanya dan terus menerus sehingga kebutuhan darah dapat terpenuhi,'' kata dia.

0 Tanggapan

Silakan kirim saran dan komentar anda